Cara Mendiagnosis Sakit Perut Sebelah Kanan Lewat Gejalanya


December 27, 2018

Banyak penyebab mengapa sakit perut sebelah kanan bisa terjadi. Jika Anda mengalaminya, segera periksa ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya. Penanganan lebih lanjut juga bisa diterapkan. Meski demikian, Anda juga bisa mengenali penyebabnya sendiri lewat gejala yang dialami. Inilah cara mendiagnosis sakit perut kanan lewat gejalanya.

  1. Apendisitis

Apendisitis atau radang usus buntu sudah dikenal dengan gejala sakit di perut sebelah kanan bawah. Radang usus buntu tersebut terjadi akibat infeksi bagian umbai cacing, sehingga terjadi inflamasi atau pembengkakan yang harus segera diatasi. Sakit di bagian kanan bawah tersebut juga disertai mual, muntah, demam, perut kembung, dan sembelit.

  1. Batu Empedu

Batu empedu adalah penyakit selanjutnya yang gejalanya juga berupa sakit perut di bagian kanan. Meskipun demikian, terdapat gejala lain yang menyertai dan inilah yang membedakan dengan penyakit lainnya. Dengan memahami semua gejala sakit batu empedu, Anda bisa mendiagnosis secara tepat apa penyebab sakit di bagian perut kanan.

Apa saja gejala yang dialami karena batu empedu? Jika Anda mengalami sakit punggung bagian atas, bahu, dan dada, dan disertai dengan sakit perut sebelah kanan, maka itu berarti Anda mengalami sakit karena batu empedu. Batu yang menyumbat saluran empedu inilah yang menyebabkan sakit tersebut.

  1. Hepatitis

Jika mengalami sakit perut bagian kanan, bisa jadi Anda mengalami hepatitis atau radang hati. Diagnosis lebih lanjut bisa dilihat dengan adanya gejala lain seperti lemas, mual, muntah, menurunnya nafsu makan, warna feses menjadi keputihan, serta urin yang berwarna keruh. Semua gejala tersebut mengindikasikan Anda mengalami hepatitis.

  1. Kolesistitis

Kolesistitis adalah penyakit radang pada kantong empedu yang disebabkan oleh batu empedu. Gejala umumnya memang sakit perut di bagian kanan. Meski demikian, terdapat beberapa gejala lain yang menyertai, seperti rasa sakit di bahu kanan, mual, muntah, demam, serta sakit kuning. Bahkan, rasa sakitnya berpusat di perut kanan atas.

  1. Kehamilan Ektopik

Kehamilan ektopik atau kehamilan yang berada di luar rahim merupakan salah satu diagnosis dengan gejala sakit perut bagian kanan. Gejala lain yang menandai terjadinya hal ini adalah rasa sakit perut yang menjalar hingga ke perut sebelah kiri. Jika Anda mengalammi tanda kehamilan lainnya, semakin pasti bahwa kemungkinan terjadi kehamilan ektopik.

Meskipun demikian, Anda harus memastikan semua diagnosis tersebut. Hal ini perlu dipastikan lagi ke dokter agar diketahui kebenarannya melalui hasil pemeriksaan medis yang akurat. Apabila demikian, dokter bisa segera mengambil tindakan operasi sebelum berakibat fatal.

Itulah beberapa penyebab sakit perut sebelah kanan yang bisa diketahui lewat gejala yang ditimbulkannya. Anda bisa memahami dan mengartikan gejala yang dialami. Spesifik sakit perut kanan yang dialami memang tidak sama dan bisa terjadi karena penyebabnya memang berbeda. Karenanya, pastikan kembali dengan memeriksakan diri ke dokter.

Related

shares