Penyebab Bibir Sumbing


November 21, 2019

Adanya celah atau belahan pada bibir bagian atas yang terdapat pada bagian tengah, atau kanan dan kiri bibir tersebut adalah kondisi kelainan dari bibir sumbing itu sendiri.  Bahkan, sumbing juga  bisa terjadi pada bagian langit-langit mulut, kondisi yang seperti iin biasanya disebut dengan langit-langit sumbing. Kelainan ini tentunya tidak diinginkan oleh kebanyak orang, siapapun mereka pasti menginginkan lahir dengan normal. Kondisi tersebut karena faktor dari langit-langit mulut bayi tidak menyatu saat berada dalam kandungan, normalmya proses penyatuan tersebut terjadi  pada bulan kedua dan ketiga pada masa kehamilan sang anak. Ada beberapa penyebab bibir sumbing yang harus kita ketahui, karena beberapa para ahli mengatakan penyebab dari sumbing tersebut bisa dari faktor genetik atau lingkungan. Berikut hal yang perlu kita waspadai agar tidak memiliki bayi yang terlahir cacat sumbing, diantaranya:

Ketika dimasa kehamilan ibu yang merokok ataupun megkonsumsi alkohol tidakdisarankan untuk mengkonsumsinya selama masa kehamilan berlangsung. Karena hal itu, akan beresiko besar terhadap perkembangan bayi didalam kandungan. Tidak hanya itu saja, obat-obatan tablet seperti kortikosteroid dan antikejang pada masa awal kehamilan juga berpengaruh terhadap beberapa kasus penyebab bibir sumbing.

  • Diabetes

Sejumlah bukti menunjukkan bahwa seorang wanita yang didiagnosa menderita diabetes sebelum masa kehamilan akan memiliki resiko besar untuk melahirkan bayi dengan cacat bibir sumbing tersebut.

  • Genetik

Keluarga juga berperan dalam kelahiran sang bayi nantinya. Penyebab bibir sumbing dari faktor ganetik yang kemungkinan besar karena dari salah satu orang tuanya mengalami cacat tersebut, sehingga akan berpengaruh pada sang anak.

  • Gender

Dalam hal ini seorang lelaki lebih banyak memiliki peluang untuk mengalami bibir sumbing tersebut. Dikarenakan, bibir sumbing bisa terjadi tanpa disertai langit-langit sumbing, akan tetapi langit-langit sumbing tanpa disertai bibir sumbing tidak akan terjadi dan hal itu hanya terjadi pada wanita, sehingga mengapa menjadi alasan lelaki lebih rentan untuk mengalami kondisi tersebut.[1]

“dilansir dari laman Honestdocs” tentang faktor keturunan yang memiliki resio lebih besar dalam terjadinya cacat tersebut. Akan tetapi, walaupun kita tidak dapat lakukan untuk pengubahannya kita bisa lakukan pencegaha agar sang buah hati tidak mengalami cacat sumbing. Ada beberapa hal yang dapat meningkatkan resiko biir sumbing pada sang bayi, diantaranya:

  • Makanan ibu hamil

Ternyata apa yang dimakan oleh sang ibu menjadi pengaruh besar hingga menjadi salah satu  penyebab bibir sumbing itu terjadi, makanan yang terkait adalah karena defisiensi vitamin dan mineral, asam folat salah satunya. Maka dari itu diharuskan kepada sang ibu untuk mengkonsumsi makanan seperti brokoli, pisang, strawbery, alpukat, almond, bayam, dan lainnya yang bersumber asam folat, agar tidak menghambat pertumbuhan sang bayi untuk terus berkembang selama masa kehamilan.

  • Rokok

Ketika sang ibu mengalami masa kehamilan maka tidak disarankan untuk mengkonsumsi rokok, karena hal ini akan mengakibatkan kesehatan sang bayi menjadi terganggu. Sebaiknya, hentikan kebiasaan merokok tersebut apalagi bagi sang ibu yang sedang hamil. Tidak hanya untuk berhenti merokok saja, akan tetapi harus menghindar dari seorang perokok. Gunakan masker jika sedang berhadapan dengan siperokok tersebut.

  • Stres

Stres pada sang ibu juga termasuk salah satu penyebab bibir sumbing, karena apabila sang ibu memilki tekanan berat sehingga stres hal itu sangat rentan untuk sang bayi mengalami cacat. Oleh karena itu sang ibu harus selalu memperhatikan kesehatannya karena yang terjadi pada dirinya akan berpengaruh pada sang bayi yang sedang dikandung.

[1] Sumber referensi Alodokter.com

Related

shares