Perhatikan Hal Ini Sebelum Membuka Tabungan Berjangka


August 31, 2018

Anda ingin memulai investasi namun masih bingung memilih? Tabungan berjangka mungkin bisa menjadi pertimbangan Anda. Mekanisme dan cara kerja jenis investasi ini lebih mudah dipahami oleh para investor pemula. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan berinvestasi pada jenis investasi ini.

Perhatikan Jumlah Setoran per Bulan dan Setoran Awal

Jika Anda ingin berinvestasi lewat tabungan berjangka, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah jumlah setoran yang akan Anda sisihkan setiap bulannya. Ada banyak bank yang menyediakan tabungan jenis ini dengan setoran awal mulai dari Rp100.000,00 dengan setoran per bulannya yang kurang lebih sama.

Meski begitu, Anda dapat mengatur sendiri berapa jumlah setoran yang akan Anda tabungkan pada tabungan investasi ini. Anda juga dapat menentukan berapa lama jangka waktu yang diinginkan dan kapan waktu jatuh temponya.

Sebenarnya Anda tidak perlu khawatir akan masalah ini karena tabungan jenis ini akan langsung melakukan pemotongan otomatis dari tabungan konvensional lain yang Anda miliki di bank yang sama. Meski begitu, mengetahui jumlah setoran tiap bulannya akan membantu Anda merencanakan keuangan lebih tepat.

Perhatikan Besar Suku Bunga

Tabungan jenis ini atau yang biasa disebut juga dengan tabungan rencana memiliki suku bunga yang lebih tinggi dari tabungan konvensional namun tidak melebihi suku bunga pada deposito. Suku bunga yang ditawarkan pada tabungan rencana umumnya sekitar 0,75 sampai 4,5% tiap tahunnya.

Anda bisa memilih besaran suku bunga yang diinginkan agar sesuai dengan kebutuhan di masa yang akan datang. Cara ini juga dapat membantu Anda menentukan besarnya nilai investasi yang akan Anda dapatkan setelah jatuh tempo.

Dapat Memproteksi Keuangan Anda

Meski pada perjanjian awal tabungan rencana hanya dapat diambil setelah jatuh tempo, tapi bukan berarti Anda sama sekali tidak dapat menarik dana dari tabungan tersebut. Ada beberapa bank yang memberikan layanan dan kemudahan bagi para nasabah yang mengikuti tabungan rencana agar bisa mencairkan dananya kapanpun dibutuhkan.

Jenis tabungan rencana seperti ini tak hanya berfungsi sebagai investasi terbaik, namun juga bisa menjadi proteksi bagi keuangan Anda. Jadi, tabungan rencana tidak hanya dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan finansial yang telah direncanakan setelah jatuh tempo, namun juga membantu berbagai kebutuhan mendesak Anda.

Memiliki Manfaat Lain di Luar Investasi

Tidak hanya memiliki fungsi sebagai investasi dan proteksi keuangan, beberapa bank juga menyediakan layanan tambahan yang akan membantu nasabah selama masa pembayaran setoran. Ada yang berupa pembebasan biaya administrasi hingga layanan asuransi jiwa hingga 1,5 miliar.

Jika Anda memilih tabungan rencana dengan layanan tambahan seperti ini, jelas akan memberikan manfaat lebih untuk Anda. Tidak hanya mendapatkan manfaat investasi, Anda juga bisa mendapatkan manfaat asuransi jiwa selama berinvestasi dalam tabungan rencana ini.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih tabungan rencana atau berjangka. Anda bisa memilih jenis investasi terbaik ini melalui DBS Bank yang menyajikan berbagai kemudahan dlaam investasi Anda.

shares