Tips Gampang Merencanakan Simulasi Kredit Motor


June 20, 2019

Motor adalah kendaraan yang paling umum dimiliki masyarakat entah itu yang tinggal di daerah pedesaan mau pun di perkotaan. Mereka yang tidak punya anggaran lebih untuk membelinya langsung, harus melakukan kredit motor agar tabungannya bisa diakumulasi untuk keperluan yang lain. Meski sekarang sudah banyak tersedia fasilitas kredit dari lembaga keuangan, kamu masih harus merencanakan simulasi kredit motor dengan baik.

Kamu sebagai pengguna fasilitas kredit, perlu memperhitungkan kemampuan finansialmu agar urusan keuangan sehari-hari tidak berantakan. Benar-benar sangat penting kamu pertimbangkan biaya kreditnya, apalagi kamu nanti akan berurusan dengan angsuran per bulannya. Kamu yang tidak mensimulasi kreditnya dulu akan membuat gaji bulanan kamu tidak bisa dipakai untuk kebutuhan pokok melainkan hanya membayar angsurannya saja.

Kamu yang mau menghindari kesalahan finansial itu, perlu melakukan simulasi kredit kendaraan motor dengan cerdas. Tidak hanya itu saja. Dengan merancang pembayaran kredit, kamu akan gampang membandingkan lembaga keuangan yang mau kamu gunakan untuk fasilitas kredit. Maka itu, ada beberapa poin yang harus kamu pikirkan dalam merancang simulasinya. Berikut tips-tipsnya.

  1. Perhatikan biaya bunga, DP, dan tenor

Sebelum kamu pilih lembaga keuangan yang mau digunakan, sebaiknya kamu cari tahu dulu berapa besaran biaya bunga, DP, dan tenor yang mereka berlakukan. Di urusan DP, biasanya mereka akan mengenakan 20% dari harga total motor pilihan calon konsumen. Tapi, buat menarik calon konsumen, tidak tanggung-tanggung mereka mengeluarkan promo berupa potongan DP ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Berhati-hatilah dengan penawaran itu karena bisa menjebak rencana kredit kamu. Kalau kamu mengambil penawaran itu, DP yang dibayar akan semakin sedikit tapi angsurannya yang lebih tinggi. Coba saja kamu hitung cicilannya lagi dengan menggunakan promo itu, pasti total pembayaranmu akan menjadi semakin mahal, kan?

Selain mewaspadai DP-nya, kamu juga harus pintar-pintar mensimulasi biaya bunganya. Masing-masing pihak lembaga keuangan akan memberikan suku bunga kredit yang persenannya berbeda-beda. Karena itu, kamu bandingkan dulu suku bunga rendah yang menguntungkan pembayaran cicilan kamu.

Buat memastikannya, kamu bisa menghitung simulasi kredit motor bersama dengan pihak multifinance agar bisa memperkirakannya dengan gampang. Jangan lupa pastikan kamu mengambil tenor yang tidak terlalu panjang. Semakin lama waktu cicilanmu, tentu akan semakin besar jumlah total pembayaran motormu.

  1. Biaya tambahan

Tidak hanya angsuran dan DP yang perlu kamu pertimbangkan. Dalam merencanakan kredit motor, masih ada biaya lainnya yang kamu bayarkan. Biaya lainnya yang dimaksud adalah biaya administrasi dan denda keterlambatan.

Biaya admin yang dikenakan masing-masing multifinance berbeda-beda. Ada yang memberlakukan puluhan ribu saja atau hingga ratusan ribu. Tapi jangan khawatir, kamu hanya membayarnya di awal pembayarannya saja dan seterusnya kamu tidak usah membayar adminnya lagi.

Karena masing-masing lembaga memberikan biaya admin yang tidak pasti, sebaiknya kamu siapkan uang lebih di pembayaran pertamanya. Tidak jarang calon konsumen kurang tahu harus membayar biaya admin karena tidak melakukan simulasi kredit motor dengan baik. Selain itu, buat berjaga-jaga, kamu perlu menyiapkan juga denda keterlambatan sewaktu-waktu kamu telat membayar cicilannya.

Biar kamu terhindar dari denda keterlambatan, usahakan kamu membayarnya tepat waktu. Catat waktu pembayaran tiap bulannya agar kamu tidak lupa dengan tagihan kredit motor kamu.

  1. Biaya asuransi

Saat kamu merencanakan simulasi kredit motor, jangan lupa masukan biaya asuransi ke dalam hitungan kamu. Sekarang ini sudah banyak lembaga keuangan kredit motor yang menyediakan langsung asuransinya. Perlindungan asuransi sangat penting buat kendaraan kamu. Ketika kondisi motor sedang tidak baik, entah itu mengalami kerusakan mesin atau oli, kamu bisa membetulkannya dengan biaya yang lebih murah, bahkan sampai gratis.

Tapi, kamu harus menanyakan dulu ke lembaga kredit motor kamu apakah mereka menyediakannya atau tidak. Kalau menyediakannya, pastikan biaya asuransinya sesuai dengan harga pada umumnya. Selain itu, kamu juga harus tahu bagaimana cara melakukan klaim dan berapa lama asuransi itu berlaku. Jangan sampai kamu mau menggunakannya, malah tidak bisa diklaim karena tidak tahu prosedurnya.

Simulasi kredit motor memang penting dilakukan. Banyak orang yang menyesal tidak melakukannya sehingga kondisi keuangannya menjadi semakin berantakan. Boleh saja kamu menyisihkan tabunganmu buat membeli motor, tapi jangan lupa dengan kebutuhan pokok sehari-harimu ya.

Related

shares